Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi

Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi

Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi- Apa sih pentingnya mempelajari ilmu ekonomi? Sebelum kita menjawab pertanyaaan tersebut, tentunya terlebih dahulu harus mengetahui Konsep Dasar iImu Ekonomi. Bagi siswa SMA jurusan IPS, materi Konsep Dasar iImu Ekonomi merupakan bagian Pelajaran mapel ekonomi yang sesuai dengan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam sebuah situs bernama Dunia Pendidikan  telah menguraikan Tujuan Pembelajaran Materi Ekonomi Sma secara terperinci. Di situs tersebut diuraikan mengenai Tujuan Pembelajaran  Konsep Dasar iImu Ekonomi yakni sebagai berikut :

  • Memahami pengertian ilmu ekonomi
  • Mengidentifikasi masalah ekonomi (kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
  • Memahami konsep pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
  • mengetahui kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan
  • Memahami teori biaya peluang atau opportunity cost
  • mengetahui teori prinsip ekonomi
  • Memahami hakikat motif ekonomi
  • mengetahui ruang lingkup ilmu ekonomi
  • Memahami konseptual ilmu ekonomi syariah
  • Menyajikan hasil identifikasi tentang teori  ilmu ekonomi sesuai dengan data/informasi dari berbagai macam referensi  sumber belajar yang relevan

Dengan memahami semua poin di atas maka kita akan lebih mudah mengetahui Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi.

Memahami pengertian ilmu ekonomi

Ilmu ekonomi adalah suatu bidang studi tentang bagaiman cara individu dan kelompok individu diperhadapkan pada suatu pilihan dalam mengelolah sumber daya alam atau sumber daya produksi yang ketersediaannya cukup terbatas tetapi dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai macam jenis komoditas dari masa ke masa lalu mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi individu maupun masyarakat pada saat ini maupun diwaktu mendatang.

Dengan memperhatikan definisi di atas maka terlihat Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi. Sederhannya bahwa dengan ilmu ekonomi maka kita dituntut untuk memaksimalkan pengelolaan sumber daya produksi yang terbatas untuk dijadikan sesuatu barang atau jasa konsumsi yang bernilai ekonomi.

Materi berdasarkan Fakta

Materi berdasarkan Fakta ekonomi kaitannya dengan Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi sangat diperlukan oleh setiap individu dalam rangka mengatasi masalah ekonomi yang dihadapinya.

Contoh Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi, diantaranya adalah:

  1. ilmu ekonomi dapat dijadikan dasar dalam memberikan penjelasan suatu keputusan yang diambil. Misalnya pemerintah dalam mengelola APBN dan APBD di perlukan data ekonomi dalam melakukan kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.
  2. Dengan memahami ilmu ekonomi dengan baik dan benar maka sangat membantu individu, masyarakat, pemerintah dan negara mengatasi atau menyelesaikan persoalan globalisasi. Misalnya terjadinya Penyakit COVID 19 secara global pada tahun 2020, membuat beberapa negara mengalami masalah ekonomi yang berdampak banyaknya masayarakat yang kehilangan pekerjaan.

Materi berdasarkan Konsep

Konsep ekonomi kaitannya dengan Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi

 Pernyataan positif dan pernyataan normatif dalam ekonomi

Pernyataan positif  adalah mendeskripsikan suatu kejadian secara nyata dari suatu proses kegiatan ekonomi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat serta berkaitan dengan prediksi mengenai sesuatu hal yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

Misalnya, produsen atau pengusaha memperoleh penghasilan atau laba yang maksimal dengan kemampuanya mengelola sumber daya ekonomi secara efektif dan efisisen yang kemudian menghasilkan suatu barang yang dibutuhkan oleh masyarakat sdengan harga yang relatif murah.

Pernyataan normatif adalah pernyataan yang menghubungkan dengan nilai etika dan agama. Dalam pernyataan normatif, terjadi pertentangan antara suatu hal yang sifatnya baik dan buruk.

Misalnya, suatu barang dan jasa yang diciptakan oleh produsen atau pengusaha , yang mana barang tersebut merupakan barang yang bernilai ekonomi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun di sisi lain menimbulkan dampak kerusakan lingkungan atau semacamnya. Di sinilah peranan ilmu ekonomi dalam melihat suatu situasi yang kontradiktif tersebut.

Metodologi ilmu ekonomi

Para ekonom bekerja sesuai dengan metodologi ilmiah. Metodologi ilmiah ilmu ekonomi dimulai dari observasi objek permasalahan, menentukan hubungan permasalahan dengan teori ekonomi, menentukan hipotesis, mengidentifikasi permasalahan, menentukan variabel-variabel, serta menentukan asumsi-asumsi dan model untuk mendapatkan solusi atau kesimpulan.

 Materi Berdasarkan Prinsip

Materi Berdasarkan Prinsip ekonomi kaitannya dengan Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi yakni sebagai berikut :

  • Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir yang digunakan manusia untuk memaksimumkan suatu tujuan melalui pengorbanan tertentu, atau untukmencapai tujuan tertentu dengan pengorbanan sekecil mungkin.
  • Kegiatan ekonomi adalah setiap langkah yang dilakukan manusia dalam perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi pada dasarnya dapat dikelompokkan atas tiga tindakan besar, yatu konsumsi, distribusi dan produksi.
  • Motif ekonomi antara lain adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, memperluas usaha, mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar, ingin berkuasa di bidang ekonomi dan ingin membantu sesama.
  • Politik ekonomi adalah suatu paket tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki perekonomian, yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat. Langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam menjalankan politik ekonomi antara lain ditunjukkan dengan menetapkan kebijakan dalam bidang moneter, fiskal, ekspor-impor dan harga.

Demikian bebarapa materi ilmu ekonomi yang mengarah pada Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi. Semoga bermanfaat terima kasih.

Baca juga :

Jenis Produk Dalam Bursa Efek

Bank Umum : Pengertian, Fungsi Dan Kegiatannya
Bank Indonesia : Fungsi Dan Peranannya

One Reply to “Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *