Soal materi Ketenagakerjaan

Soal materi Ketenagakerjaan

Soal materi Ketenagakerjaan- Materi ini merupakan bagi lingkup mata pelajaran Ekonomi Tingkat SMA, oleh karena itu materi ini menjadi keharusan bagi siswa untuk mempelajarinya sebagai salah satu syarat pencapaian ketuntasan pada mata pelajaran Ekonomi. Dengan mempelajari materi ketenagakerjaan maka siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian ketenagakerjaan, kesempatan kerja dan angkatan kerja. Tujuan pelajaran ini lebih terperinci dapat ditemukan pada situs Dunia Pendidikan.

Dalam artikel ini admin, akan memaparkan secara ringkas mengenai ketenagakerjaan termasuk beberapa soal yang berkaitan materi ketenagakerjaan sehingga memudahkan para siswa mendapatkan gambaran soal dalam mengahadapi ujian.

Ringkasan materi ketenagakerjaan

Tenaga kerja

Menurut undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, tenaga kerja (mainpower) diartikan setiap manusia yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa, apakah untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan pada dirinya sendiri maupun untuk kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Kesempata kerja

Kesempatan kerja adalah keadaan yang menunjukkan ketersediaan lapangan kerja atau lowongan pekerjaan sehingga semua orang yang bersedia dan sanggup bekerja memperoleh pekerjaan berdasarkan keahlian dan keterampilan serta bakat yang dimilikinya. Kesempatan kerja menunjukkan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk diisi oleh para pencari kerja.

Peningkatan kualitas tenaga kerja

  • Peningkatan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan melalui beberapa usaha dan upaya antara lain sebagai berikut :
  • Memperbaiki kualitas pendidikan
  • Meningkatkan kualitas kesehatan
  • Meningkatkan keterampilan dan pendidikan nonformal
  • Mengembangkan kemampuan dan keahlian karyawan
  • Meningkatkan jaminan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja

Contoh Soal tentang materi ketenagakerjaan

Soal pilihan ganda

Soal nomor 1

Pesatnya pembangunan dapat membawa perubahan struktural perekonomian suatu negara, yaitu dari struktur agraris moderen, bahkan menjadi negara industri. Pada masa perubahan tersebut terjadi banyak gejolak perekonomian terutama masyarakat yang tidak dapat menguasai sistem teknologi akan tertinggal dan menjadi pengangguran. Salah satu cara mengatasi pengangguran struktural ini adalah …..

A. Membuka proyek-proyek padat karya dan padat modal

B. Memberi pinjaman dan fasilitas untuk berwirausaha

C. Memberikan informasi yang jelas tentang lowongan kerja

D. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

E. Membatasi usia nikah dan program keluarga berencana

Jawaban : A

Pembahasan materi ketenagakerjaan- Berdasarkan kasus pada soal ini, perubahan struktur perekonomian akan menimbulkan pengangguran struktural. Untuk mengatasi pengangguran ini terdapat 3 cara, yakni meningkatkan mobilitas modal dan tenaga kerja, memindahkan tenaga kerja yang tidak terpakai dari sektor pekerjaan satu ke sektor pekerjaan lainnya dan menyelenggarakan industri padat karya pada daerah yang terdapat pengangguran struktural.

Soal nomor 2

Akhir-akhir ini banyak aksi demontrasi yang dilakukan oleh para buruh. Aaksi tersebut terkait dengan ketidakpuasan buruh terhadap sistem rekrutmen karyawan secara tidak tetap (outsourcing). Pada sistem tersebut, para buruh merasa kesejahteraan kehidupannya tidak diperhatikan.

Upaya untuk mengatasi ketenagakerjaan tersebut  adalah ….

A. Menyelenggarakan pelatihan kerja pada sektor pekerjaan yang lain

B. Menambah proyek padat karya dan padat modal

C. Meningkatkan arus informasi tentang ketersediaan lowongan kerja

D. Menghapus sistem rekrutmen karyawan tidak tetap

E. Menyelenggaran program-program transmigrasi

Jawaban: D

Pembahasan materi ketenagakerjaan- Sistem Outsourcing di Indonesia sangat sulit untuk dihapuskan karena sistem tersebut juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Meskipun demikianm sistem ini menuai banyak protes yang dibuktikan dengan maraknya aksi demonstrasi. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah menghapus sistem Outsourcing. Dengan demikian tenaga kerja memiliki kepastian tentang status ketenagakerjaannya sehingga memperoleh gaji tetap dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Soal nomor 3

Jumlah angkatan kerja yang besar tidak selalu dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Hal tersebut ditandai dengan adanya sebagian besar dari pengagguran adalan mereka yang lulus SMA namun belum siap memasuki dunia kerja. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut perlu dilakukan usaha peningkatan kualitas SDM dengan cara …

A. Meningkatkan fasilitas teknologi yang lebih moderen

B. Memperbanyak proyek padat karya dan padat modal

C. Mengirim karyawan dan manajer ke luar negeri

D. Meningkatkan upah/gaji karyawan untuk memperoleh motivasi kerja

E. Menyelenggarakan berbagai latihan kerja oleh pemerintah dan swasta

Jawaban: E

Pembahasan materi ketenagakerjaan- berdasarkan tema soal di atas bahwa terjadinya pengangguran karena berkaitan dengan rendahnya bahkan tidak adanya kualitas SDM yang dimiliki. Dari beberapa jawaban di atas maka hanya jawaban E yang berhubungan langsung bagaimana cara meningkatkan kualitas SDM.

Soal nomor 4

Seorang pencari kerja bisa mendapatkan posisi tawar yang tinggi untuk mendapatkan upah yang tinggi apabila…..

A. Ia memiliki keahlian dan ilmu yang tidak dimiliki oleh orang lain

B. Terdapat banyak posisi kosong yang sesuai dengan bidangnya

C. Keahliannya sangat cocok untuk posisi yang ditawarkan

D. Ilmu yang dimiliki tidak dimiliki banyak orang

E. Ia mendapatkan upah di atas UMP

Jawaban: A

Pembahasan materi ketenagakerjaan- dari beberapa jawaban yang ada di atas, yang paling benar dan tepat adalah bagian A. Kenapa demikian? Karena berdasarkan ilmu ekonomi yang membahas khusus mengenai hukum kelangkaan, dikatakan bahwa maka semakin langka sumber daya maka semakin tinggi nilainya. Jika dihubungkan dengan keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain maka orang yang memilik keahlian tersebut akan memiliki nilai tawar yang tinggi. Secara sederhananya dapat dikatakan bahwa orang yang memiliki keahlian sumber daya yang unik maka tenaga kerja tersebut akan mendapatkan posisi nilai tawar yang tinggi dan mendapatkan tingkat upah/gaji yang tinggi. Dengan catatan bahwa keahlian tersebut sangat dibutuhkan dalam memajukan suatu perusahaan atau lembaga tempat di mana ia bekerja.

Soal nomor 5

Perhatikan pernyataan berikut ini :

  1. Sosialisasi program keluarga berencana (KB) kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan berbagai daerah dengan program transmigrasi
  3. Memberikan pelatihan secara rutin kepada guru-guru sekolah kejuruan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
  4. Memberikan dana bantuan kepada masyarakat

Dari pernyataan di atas yang merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja adalah ….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 4

D. 1, 3, dan 4

E. 2 dan 4

Jawaban: A

Pembahasan materi ketenagakerjaan- upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas tenaga kerja antara lain dengan mendidrikan berbagai pusat latihan keja (BLK). Upaya ini bertujuan untuk melatih orang menjadi manusia terampil, berinisiatif, dan kreatif. Usaha ini disertai pula dengan usaha peningkatan mutu sekolah kejuruan, penciptaan kondisi yang kondusif bagi penanam modal, transmigrasi, dan keluarga berencana (KB). Pernyataan yang terdapat pada nomor 4 tentang pemberian dana dan bantuan kepada masyarakat, tentunnya tidak tepat karena soal di atas berkaitan dengan mutu tenaga kerja. Memberi bantuan dana kepada masyarakat bukannya memberi mutu dan kualitas tenaga kerja tapi memungkinkan terciptanya situasi memanjakan masyarakat yang berujung pada terciptanya kemalasan.

Demikian artikel tentang Soal dan pembahasan materi Ketenagakerjaan, semoga dapat menjadi bahan referensi bagi siswa dalam belajar ekonomi dan mendapatkan gambaran soal tentang tenaga kerja dan ketenagakerjaan. terima kasih.

baca juga :

Soal Materi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Ringkasan Materi Pendapatan Nasional

Tujuan Manusia Mempelajari Ilmu Ekonomi

Jenis Produk Dalam Bursa Efek

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *