RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12: Penyusunan  Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

3 min read

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang yang admin buat dapat didownload pada akhir artikel.  RPP EKONOMI 1 lembar ini tentunya berdasarkan dengan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Selain itu RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap ini, admin buat hanyalah merupakan gambaran secara umum mengenai metode pembuatan RPP EKONOMI 1 lembar.  Dalam pembuatan RPP EKONOMI SMA KELAS 12, admin membagi 2 bagian yang terdiri dari RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Ganjil dan RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap.

Jadi admin menyarankan silahkan kembangkan RPP ini sesuai dengan kebutuhan sekolah/organisasi atau lingkungan keberadaan sekolah.

Guru dapat menggunakan model tertentu dalam suatu proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Model pembelajaran yang dikembangkan guru sebaiknya dapat memfasilitasi Siswa untuk belajar lebih luas (Broad Based Learning), dengan menggunakan segala fasilitas baik di dalam kelas (berbasis kelas) maupun di luar kelas melalui interaksi dengan alam dan lingkungan sekitar (Community Based Learning).

Selain dari pada itu, guru juga wajib mengembangkan model pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada para siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking And Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativirties Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills), yang dirancang sesuai dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran yang termaktub dalam RPP EKONOMI 1 lembar.

Pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang, pada initinya dilaksanakan melalui 3 rangkaian proses kegiatan penting. Kegiatan tersebut yakni sebagai berikut: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Ketiga rangkaian kegiatan ini dilaksanakan secara berurutan dan tentunya disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.

Kegiatan Pendahuluan  

  1. Guru diharapkan menciptakan suatu kondisi dan suasana belajar yang menyenangkan
  2. Berdiskusi tentang kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya.  Kemudian menghubungkan dengan kompetensi yang akan dipelajari sesuai dengan materi  yang terdapat pada RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.
  3. Guru wajib menginformasikan kompetensi yang akan dicapai serta manfaat/faedahnya dalam kehidupan masyarakat.
  4. Menginformasikan garis besar cakupan materi : Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang dan kegiatan dengan  penguatan nilai-nilai karakter sesuai tuntutan Konpetensi Dasar.
  5. Menginformasikan kepada siswa atas lingkup dan teknik penilaian yang dipergunakan.

Kegiatan Inti 

Kegiatan inti adalah rangkaian proses belajar mengajar untuk mencapai kompetensi sesuai dengan RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.

  • Siswa mengetahui tujuan pembelajaran dan manfaat apa yang dipelajari
  • Siswa diminta menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dipelajari yaitu tentang Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.
  • Siswa diminta mengamati gambar atau video maupun membaca materi tentang Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.
  • Guru mata pelajaran EKONOMI memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik berkaitan dengan materi Penyusunan Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.
  • Siswa dibimbing  oleh guru mata pelajaran EKONOM membentuk suatu kelompok.
  • Siswa secara berkelompok berdiskusi dan mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi tentang Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.
  • Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas terkait materi Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.  Selanjutnya Kelompok yang lain memberikan tanggapan atas presentasi hasil kerja kelompok.

Kegiatan inti di atas menggunakan pembelajaran berbasis keilmuan dan berbasis aktivitas yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran EKONOMI dan Siswa melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan memakai  berbagai alat dan sumber belajar yang  dapat mendorong siswa untuk belajar lebih luas (Broad Based Learning). Selain itu para siswa dapat menggali potensi yang dimilikinya dengan menguatkan nilai- nilai karakter melalui berbagai macam bentuk pengalaman verbal, visual, digital, maupun berbasis masyarakat (Community Based Learning).   Guru wajib memfasilitasi para siswa dalam melakukan kegiatan yang meningkatkan kemampuan dan kompetensi tersebut melalui berbagai kegiatan, alat, serta sumber belahjar yang memadai sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar.

Kegiatan Penutup 

Rangkaian Kegiatan penutup terdiri atas:

  1. Kegiatan guru bersama siswa yaitu sebagai berikut:
  • membuat rangkuman atau kesimpulan pelajaran tentang materi EKONOMI yang tentunya sesuai dengan RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang.
  • melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran sesuai materi Penyusunan Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

 

  1. Kegiatan guru yaitu:
  • melakukan penilaian
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
  • Guru meginformasikan rencana pembelajaran pada pertemuan atau pembelajaran berikutnya

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang memiliki indikator, tujuan pembelajaran dan media pembelajaran serta Sumber Belajar. Adapun Sumber pembelajaran yang kami gunakan yakni sebagai berikut :

  • Buku EKONOMI Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
  • Buku refensi yang relevan tentang Penyusunan Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang
  • Lingkungan setempat
  • Internet di situs website resmi https://www.mulyadi471.com

 

Selengkapnya  tentang  RPP  ini. Silahkan download  RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang    (Download).

Silahkan download  RPP lainnya :

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12: Menyimpulkan  data yang dikumpulkan (Download)

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12: Mempraktekkan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang (Download)

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12: Membuat hubungan tentang tahapan penutupan siklus akuntansi (Download)

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12: Jurnal Penutup (Download)

RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12: Sejarah akuntansi, Pengertian dan Manfaat akuntansi (Download)

Demikian RPP EKONOMI 1 lembar SMA KELAS 12 Semester Genap tentang  Penyusunan  Siklus Akuntansi  pada Perusahaan Dagang, di atas yang kami bagikan.  Semoga dapat  membantu bapak dan ibu guru dalam membuat dan melengkapi administrasi kegiatan proses belajar mengajar pada tingkat satuan pendidikan, dan jika website  ini berguna dan bermanfaat bagi teman-teman guru maka kami menyarankan untuk mengshare ke teman-teman guru yang belum mengetahui situs https://eduegbank.com. Terima kasih dan wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *