Modul Pedagogik: Teori Belajar Behavioristik

Teori Belajar Behavioristik merupakan salah satu materi pedagogik yang perlu dipelajari, terutama bagi teman-teman guru yang akan megikuti seleksi ASN PPPK. Kali ini Saya akan kupas tuntas tentang modul pedagogik untuk seri belajar PPPK  dari seri guru belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Artikel ini akan saya buat karena adanya beberapa guru yang kewalahan tentang materi yang telah diberikan oleh kemendikbud. Terutama bagi mereka yang sudah berumur tua beranggapan bahwa materi tersebut terlalu panjang. Oleh karena itu saya  akan buatkan ringkasannya tentunya ini disertai atau sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai dalam Modul tersebut.

Teori belajar terdiri dari 4 yakni teori belajar behavioristik,  kognitif, konstruktivistik dan humanistik. Teori belajar ini teman-teman nanti harus tahu bagaimana implikasinya dalam pembelajaran. Namun artikel ini mengkhususkan pembahasan tentang Teori Belajar Behavioristik disertai dengan implikasinya dalam pembelajaran.

Teori Belajar Behavioristik 

Apa itu teori belajar behavioristik teman-teman? menurut teori menjelaskan bahwa terjadinya perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu, jika ia dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Nah, menurut Bapak Ibu di sini Apa yang dimaksud dengan stimulus dan respon dalam proses pembelajaran? Stimulus di sini  teman-teman adalah hal apa saja yang diberikan guru kepada siswa. Jadi misalnya ada daftar perkalian atau ada alat peraga atau ada pedoman kerja ataukah cara-cara tertentu untuk membantu belajar siswa. Sedangkan respon adalah reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru.

Ada beberapa para ahli mengemukakan pendapatnya tentang teori belajar Behavioristik diantara yakni : Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, Skinner dan sebagainya

baca juga : 

Modul Pedagogik : Kemampuan Awal Siswa

Implikasi Teori Belajar Behavioristik

Nah, bagaimana implikasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran? Bentuk implikasi teori belajar ini dalam pembelajaran ada tiga yakni :

  1. pembelajaran terprogram atau PI/programmed instruction, dalam pembelajaran terprogram materi dibagi menjadi frame-frame secara berurutan yang sedang memberikan informasi dalam potongan kecil dan dilengkapi dengan teks yang akan direspon oleh peserta didik. Untuk pembelajaran terprogram ini teman-teman, pada saat sekarang ini sudah sangat jarang digunakan oleh para guru. Pembelajaran ini sering digunakan oleh guru-guru kita dahulu atau guru-guru zaman dahulu dia menggunakan pembelajaran terprogram ini untuk sebagai bagian dari teori belajar behavioristik. Bagi guru guru zaman now atau zaman-zaman sekarang implikasi dari teori belajar ini ada dua bentuknya yaitu teori belajar behavioristik dan Multimedia pembelajaran.
  2. PowerPoint, cenderung terjadi satu arah. Materi yang disampaikan dalam bentuk PowerPoint disusun secara rinci dan bagian–bagian kecil. Jadi contoh Bagaimana dalam pembelajaran teman-teman, biasanya kalau kita masuk di kelas menggunakan PowerPoint sebagai media kita, nah dalam powerpoint tersebut kita biasa menyediakan slide. Apakah berupa gambar atau tulisan dengan tujuan untuk merangsang siswa atau mengarahkan siswa ke materi yang akan kita ajarkan. Itulah yang disebut dengan stimulus. sedangkan yang dimaksud dengan Respon yang tadinya siswa mungkin tidak tahu buat ini akan kita pelajari akhirnya menjadi tahu. Perubahan tingkah laku yang tadinya dari tidak tahu menjadi tahu, yang tadinya belum mengerti menjadi mengerti, yang tadinya belum terlalu pintar menjadi pintar, nah itulah yang disebut dengan teori belajar behavioristik.
  3. Multimedia atau dengan menggunakan video. Ini yang sering sekali kita gunakan sekarang ini, seperti video-video di YouTube. Adanya mungkin perubahan tingkah laku siswa yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu dengan adanya nonton video-video tersebut disebut dengan teori belajar behavioristik. Ada hasil, ada perubahan tingkah laku yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi dari stimulus yang diberikan oleh guru dan Respon dari siswa.

Contoh soal Teori Belajar Behavioristik

Bagaimana sih bentuk soalnya atau contoh soalnya seperti :

Salah satu contoh aplikasi teori behavioristik dalam pembelajaran adalah …

A. Pembelajaran kolaboratif

B. Pembelajaran dengan powerpoint

C. Pembelajaran dengan web

D. Pembelajaran mandiri

E. Pembelajaran dengan sosial media

Jawaban yang benar adalah pilihan bagian B (cukup jelas)

baca juga : 

Modul Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik

One thought on “Modul Pedagogik: Teori Belajar Behavioristik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat