Modul Pedagogik : Kemampuan Awal Siswa

Pengertian Kemampuan Awal Siswa

Kemampuan awal siswa, Apa yang dimaksud dengan kemampuan awal siswa? kemampuan awal adalah pemahaman pengalaman pengetahuan prasyarat dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal (Prior Knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai basis data pengalaman (eksperiental data base) yang terdapat dalam diri peserta didik.

Teman-teman kata kuncinya di sini adalah kemampuan awal yakni segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal atau segala sesuatu yang dimiliki peserta didik sebagai pengetahuan awal. Nah kemampuan awal biasanya kita lakukan ini ketika awal tahun ajaran baru. Sebagai contoh mata pelajaran PKN atau mata pelajaran bahasa Inggris. PKN dan bahasa Inggris biasanya ketika awal tahun ajaran baru.  untuk SMA di kelas 10. Nah sebelum kita mengajar atau sebelum kita masuk ke materi, biasanya kita ingin tahu bagaimana kemampuan awal peserta didik kita atau sampai sejauh mana pengetahuan tentang PKN atau pengetahuannya tentang bahasa inggris. Awal kemampuan yang telah dimiliki oleh peserta didik sebelum kita sebagai gurunya memberikan materi yang baru kepada peserta didik tersebut. Itulah yang disebut dengan kemampuan awal.

Tujuan Mengetahui Kemampuan Awal Siswa

Sebagaimana telah diketahui bahwa kemampuan awal atau kemampuan yang telah dimiliki oleh peserta didik sebelum kita memberikan materi dan ini biasanya terjadi di awal tahun ajaran baru atau di awal semester. Kemudian identifikasi pengetahuan tentang kemampuan awal siswa sangat penting karena berguna untuk memberikan dosis pelajaran yang tepat kepada peserta didik kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan oleh guru mengukur apakah serta didik memiliki prasyarat yang dibutuhkan dan memiliki pola pola pembelajaran yang lebih baik.Teman-teman setelah kita tahu bahwa segini pengetahuan awal siswa maka kita bisa memberikan dosis pelajaran yang tepat kepada peserta didik. Sebagai contoh materi pelajaran bahasa inggris, ada siswa yang kemampuan awalnya, pemahamannya tentang bahasa Inggris sudah sangat tinggi dan ada siswa sama sekali dia belum tahu tentang pelajaran bahasa Inggris meskipun dia sudah belajar di SD sampai SMP.

Jenis-Jenis Tes Untuk Kemampuan Awal Siswa

Beberapa teknik mendeteksi kemampuan awal siswa dapat dilakukan diantaranya dengan menggunakan catatan atau dokumen yang tersedia, yakni :

tes prasyarat (prerequisite test)

Tes ini digunakan untuk mengetahui Apakah prasyarat yang diperlukan untuk mencapai penguasaan kompetensi tertentu terpenuhi atau belum. Contohnya adalah ketika kita ingin mengajarkan materi A atau B. Untuk maju ke materi B, siswa harus mengetahui materi A, karena materi B ini kita tidak bisa lanjutkan ketika siswa belum memahami materi A. tes yang kita lakukan agar siswa mampu memahami materi A agar dia bisa lanjut ke materi B ini adalah menggunakan kias prasyarat. Artinya tes yang kita lakukan syarat untuk memasuki materi B adalah siswa tersebut harus lolos di materi A. Inilah  yang disebut dengan tes prasyarat.

pretest atau Tes awal

Tes awal ini kita gunakan sebelum memulai pelajaran, biasanya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kita sering mengadakan tes awal. Setelah itu kita berikan treatment, kita berikan perlakuan lalu dilanjutkan dengan post tes atau tes akhir. Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan yang terjadi setelah diberikan materi atau treatment kepada siswa kita.

Konsultasi individual

Mengadakan konsultasi individual artinya di sini teman-teman biasanya untuk mengidentifikasi kemampuan awal kita mengadakan konsultasi atau wawancara secara langsung dengan siswa. Dalam wawancara itu kita tanyakan kepada siswa sejauh mana kemampuan mereka saat ini.

Angket atau Kuesioner

Memberikan angket atau kuisiner kepada peserta didik untuk memperoleh informasi terkait Bagaimana karakteristik siswa khususnya kemampuan awal ataupun pengalaman yang sudah dimiliki oleh peserta didik.

Contoh Soal Pedagogik : Kemampuan Awal Siswa

Nomor 1

Pak guru Mulyadi azis mengadakan konsultasi individual dengan cara mewawancarai siswa secara informal untuk mengetahui prestasi siswa dan permasalahan yang mungkin mereka hadapi baik akademik maupun non akademik. Pak guru Mulyadi azis dalam hal ini sedang melakukan salah satu…

A. Teknik layanan konseling kepada siswa

B. Cara menentukan strategi pembelajaran

C. Teknik menentukan media pembelajaran

D. Cara mengidentifikasi struktur kognitif siswa

E. Teknik mengidentifikasi kemampuan awal siswa

Pembahasan :

Ingat kata kunci mewancarai peserta didik, karena Pak guru Mulyadi azis mewawancarai peserta didik ini untuk mengetahui Prestasi peserta didik artinya pak guru telah mengidentifikasi kemampuan awal siswa dengan teknik konsultasi individu. maka jawaban yang benar adalah pilihan bagian E.

Nomor 2

Tes yang digunakan untuk mengetahui Apakah siswa telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan ataupun dipersyaratkan sebelum mengikuti pelajaran tertentu disebut dengan…

A. Tes awal

B. Tes identifikasi peserta didik

C. Tes prasyarat

D. Tes Kinerja

E. Tes Minat dan bakat

Pembahasan :

Ingat kata kuncinya adalah dipersyaratkan, maka jelas ya teman-teman jawaban yang benar adalah tes prasyarat. Artinya tes yang diisyaratkan sebelum mengikuti pelajaran tertentu. disebut dengan tes prasyarat.

Jadi jawaban yang benar adalah pilihan bagian C

Nomor 3

Teknik mendeteksi kemampuan awal siswa dapat dilakukan diantaranya menggunakan catatan atau dokumen yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik. Catatan atau dokumen catatan atau dokumen yang dimaksud adalah….

A. Dokumen display karya

B. Kemajuan siswa atau Rapor

C. Catatan anekdot siswa

D. Catatan harian

E. Catatan portofolio siswa

Pembahasan :

Ingat kata kuncinya adalah catatan atau dokumen. Teman-teman maka Jelaslah jawaban yang benar adalah Pilihan bagian B. Kenapa jawabannya B?  karena pada saat kita untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, kita bisa melihat nilai rapor yang didapatkan di sebelumnya misalnya teman-teman untuk anak kelas 11 SMA, nah untuk mengidentifikasi kemampuan awal nya jika tidak melakukan tes awal seperti tes persyarat atau tes awal maka kita bisa menggunakan rapor atau kemajuan peserta didik tersebut di rapornya. Ketika melihat nilainya bagus berarti kemampuan awalnya agak lebih bagus. Itu bisa kita jadikan sebagai referensi untuk mengetahui kemampuan awal siswa.

semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

baca juga :

Modul Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik

2 thoughts on “Modul Pedagogik : Kemampuan Awal Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat