Modul Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik

Pengertian Karakteristik Peserta Didik

Karakteristik peserta didik merupakan ciri atau sifat dan atribut yang melekat pada siswa yang menggambarkan kondisi para siswa. Misalnya usia gaya belajar kondisi sosial ekonomi dan sebagainya. Karakter siswa dimaksudkan untuk mengenali ciri-ciri dari setiap siswa yang nantinya akan menghasilkan berbagai data terkait Siapa peserta didik dan sebagai informasi penting yang nantinya dijadikan pijakan dalam menentukan berbagai metode yang optimal guna mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran.

Ciri Atau Sifat Karakteristik Peserta Didik

Untuk memudahkan teman-teman belajar tentang materi pokok karakteristik peserta didik maka cari kata kuncinya seperti ketika kita mengenal kata karakteristik maka yang terlintas di pikiran kita adalah ciri atau sifat siswa. Ciri atau sifat karakteristik peserta didik artinya Ciri atau sifat siswa kita. Nah, ciri atau sifat yang dimaksud di sini adalah contohnya usia berapa usia anak didik kita? bagaimana gaya belajarnya? Bagaimana kondisi sosial ekonominya? Apakah Dia berasal dari keluarga yang kaya keluarga atau keluarga yang kurang mampu? Bagaimana minat belajarnya dan sebagainya?

Tujuan Kita Mengenali Ciri-Ciri Peserta Didik

Apa tujuan kita mengenali ciri-ciri dari para peserta didik? Tentunya bertujuan untuk memperoleh data peserta didik. Data terkait Siapa peserta didik sebagai informasi penting dapat kita jadikan sebagai pijakan dalam menentukan berbagai metode yang optimal guna mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran. Karakteristik peserta didik juga diartikan sebagai ciri atau sifat yang melekat pada siswa.  Karakteristik memiliki ragam atau memiliki macam-macam jenis.

Ragam Atau Macam Dari Karakteristik Peserta Didik

Ada beberapa ragam atau macam dari karakteristik peserta didik yakni sebagai berikut :

1.Gender, adalah peserta didik dalam kelas terdiri atas laki-laki dan perempuan

2.Etnik, adalah di dalam suatu kelas terkadang terdapat satu jenis etnik atau beberapa etnik Misalnya Etnik Jawa Sunda, Makassar, Bugis, Dayak dan seterusnya.

3.Usia, usia peserta didik secara umum dapat dikelompokkan berdasar tingkat sekolah, Misalnya : usia anak TK usia anak SD usia anak SMP dan SMA dan seterusnya. Disamping itu usia dapat juga dikelompokkan dalam kategori Usia perkembangan intelektual yang terdiri atas :

  • sensori motor (usia 0 sampai 2 tahun)
  • praoperasional ( usia 2 sampai 7 tahun)
  • 0perasional konkrit ( usia 7 sampai 11 tahun)
  • operasional formal (usia 11 sampai 14 tahun keatas)

4.Kultur atau budaya, biasanya peserta didik dalam satu kelas terdiri atau memiliki budaya berbeda misalnya ada budaya Jawa, ada budaya Sunda, ada budaya Minang, ada budaya Madura, ada budaya Bali, ada budaya Asmat, Bugis dan sebagainya

5.Status sosial ekonomi, peserta Didik berasal dari keluarga yang memiliki status sosial dan ekonomi yang berbeda-beda. Status sosial yang dimaksud sini seperti peserta didik anak pejabat dan ada anak pegawai biasa sedangkan status ekonomi misalnya ada anak orang kaya dan ada anak yang kurang mampu.

6. Minat, dalam suatu kelas Siswa memiliki bermacam-macam tingkatan minat belajar. jadi ada siswa yang memiliki minat belajarnya tinggi, sedang, rendah bahkan ada siswa sama sekali tidak memiliki minat belajar.

Contoh Soal Karakteristik Peserta Didik

Nomor 1

Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu :

A. Kultural

B. Minat

C. Gender

D. tnik

E. Usia

Pembahasan :

teman-teman tentu bisa menjawab bahwa karena ini memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan artinya yang karakteristik peserta didik yang dinilai adalah gender. Jadi bisa menentukan berapa laki-laki dan perempuan oleh karena itu jawaban yang benar adalah pilihan C (Gender)

Nomor 2

Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang memperhatikan Apa yang sedang dibahas nya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek pengembangan peserta didik yaitu:

A. Gender

B. minat

C. status sosial

D. Uusia

E. Etnik

Pembahasan :

Karena dia kurang memperhatikan dan kurang aktif dalam belajar, maka guru  tersebut memperhatikan minat belajar dari siswa tersebut. Jadi ada siswa yang punya minat belajar yang tinggi, sedang dan kurang.

Jawaban yang benar adalah B (Minat)

Nomor 3

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh sekolah guru menghimbau untuk menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik, terutama aspek:

A. Minat

B. Gender

C. Status sosial

D. Etnik

E. Usia

Pembahasan :

Karena dia memperhatikan busana daerah atau suku maka yang benar adalah pilihan bagian D (Etnik)

Nomor 4

Pak Mulyadi azis seorang guru SMAN 6 Selayar, ketika melakukan proses pembelajaran, beliau menghadapi siswa yang berasal dari berbagai ragam latar belakang kondisi keluarga. Ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada orang yang tuanya Orang tuanya menjadi pejabat dan ada yang sebagai guru dan pegawai swasta.Namun Pak Mulyadi Azis memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Mulyadi memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu:

A. Status sosial

B. Etnik

C. Usia

D .Kultural

E. Minat

Pembahasan :

ingat kata kuncinya adalah latar belakang kondisi keluarga, maka jawaban yang benar adalah pilhan  bagian  A (Status Sosial)

 

Demikian contoh soal yang berkaitan dengan pedagogik tentang karakteristik peserta didik, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat