Salah Masuk Memilih Jurusan Kuliah? Ini Solusinya!

3 min read

Memilih Jurusan Kuliah

Eduegbank– Ketika salah masuk memilih Jurusan Kuliah maka Merasa malas masuk kelas karena salah pilih jurusan kuliah? Baru merasa tidak cocok setelah menjalani kuliah di tahun pertama? Tentunya hal seperti ini sering dialami oleh setiap orang ketika mereka dari awal bingung ingin mengambil program studi apa. Ada banyak sekali jurusan kuliah bagi jurusan anak IPA dan siswa IPS seperti  teknik kimia, teknik  management (manajemen), bidang entrepreneur (kewirausahaan), bidang pariwisata (tourism) dan masih banyak lagi.
Namun terkadang ada juga yang sudah mantap, namun di tengah jalan baru merasa tidak cocok. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Sehingga Anda menjadi bingung dengan langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan ketika salah memilih jurusan. Apakah harus berhenti dan keluar? Atau memilih jurusan baru?
Bila tetap melanjutkannya, mungkin perasaan menjadi berat. Padahal perguruan tinggi adalah bekal terbaik setiap orang untuk meraih mimpinya dalam jangka panjang. Namun sayangnya terkadang kendala muncul saat seseorang baru menyadari bahwa jurusan kuliah yang diambilnya ternyata salah.
Sehingga muncul beban mental karena harus mempelajari program studi yang benar-benar tidak dipahami dan masih asing. Belum lagi Anda masih harus mempersiapkan dana pendidikan yang tidak murah saat mengambil pendidikan sarjana. Maka dari itu untuk mengatasinya, sebaiknya simak solusinya di bawah ini.

Faktor Penyebab Kesalahan Memilih Jurusan

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang bisa salah pilih jurusan kuliah. Sayangnya beberapa faktor dibawah ini masih saja sering dilakukan oleh beberapa orang. Sehingga bukannya merasa nyaman setelah mengambil jurusan pendidikan tertentu, namun yang ada mereka menjadi malas masuk kuliah. Berikut ini adalah faktor penyebabnya!

  1. Penyebab kenapa seseorang bisa salah memilih jurusan adalah karena dari awal yang dipilih bukan kemauan sendiri. Itu bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya karena pilihan orang tua sehingga harus patuh dan tetap menjalaninya meskipun Anda merasa tidak nyaman dengan itu.
  2. Penyebab lainnya adalah karena hanya ikut-ikutan teman. Padahal hal yang seperti ini salah besar. Saat Anda memilih jurusan karena ikut-ikutan saja tanpa melihat bakat dan minat, itu justru akan menjadi neraka untuk diri sendiri. Karena Anda akan harus belajar program studi yang tidak dipahami sepenuhnya.
  3. Kesalahan lainnya yang menjadi salah satu penyebab salah memilih jurusan kuliah adalah karena dari awal Anda belum mengenal diri sendiri. Kurang paham dengan minat diri sendiri bisa menyebabkan Anda asal memilih jurusan pendidikan. Sehingga setelah 1 tahun berjalan, barulah Anda menyadari bahwa ternyata jurusannya salah.

Solusi Bila Salah Memilih Jurusan

Jika Anda mengalami kesalahan dalam memilih jurusan pendidikan kuliah, Jangan bingung. Di bawah ini adalah beberapa cara jitu untuk mengatasi kesalahan dalam memilih jurusan pendidikan di bangku kuliah supaya Anda tetap nyaman belajar di kelas, antara lain sebagai berikut:

  1. Saat salah memilih jurusan itu jangan hanya panik dulu karena kesulitan beradaptasi dengan mata kuliahnya. Biasanya seseorang merasa salah memilih jurusan karena tidak bisa beradaptasi, maka dari itu cobalah yakinkan diri sendiri dengan cara mengikuti kegiatan organisasi untuk mendukung pendidikan perkuliahan Anda.
  2. Bila masih merasa bosan, cobalah untuk mengikuti kursus berdasarkan minat. Menambah ilmu untuk mendukung karir itu tidak hanya harus belajar di tempat kuliah saja. Bila merasa salah memilih jurusan kuliah, sebaiknya ikuti workshop atau kursus untuk meningkatkan soft skill.
  3. Anda juga bisa mencoba program magang berdasarkan minat. Selain soft dan hard skill bisa meningkat, cara ini efektif membuat Anda bisa memiliki pengalaman lebih di dunia kerja. Dengan mencoba program magang bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan lebih sehingga salah jurusan bukan lagi masalah.
  4. Anda juga dapat mengambil pendidikan S2 berdasarkan minat. Bila dari awal sudah berencana melanjutkan pendidikan kuliah S2, maka sekarang saatnya untuk mewujudkannya sesuai dengan minat Anda. Meskipun jurusan S1 yang dipilih berbeda dengan S2 sehingga kesulitan beradaptasi, namun cara ini membuat pengetahuan Anda semakin luas.
  5. Selain melanjutkan pendidikan S2, Anda juga dapat mencoba mengambil double degree saat merasa jurusan kuliah yang dipilih sebelumnya salah. Caranya ambil kuliah lagi yang jurusannya berdasarkan minat Anda. Sehingga hal ini membuat Anda bisa mendapatkan ijazah lebih banyak.

silahkan baca juga :

Platform Pendidikan Online

7 Tips Belajar Efektif Selama Lockdown agar Proses Belajar Maksimal

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Menyenangkan

Cara Membayar Biaya Kuliah Double Degree

Saat Anda memutuskan mengambil kuliah lagi untuk memiliki 2 gelar, artinya biaya perkuliahannya juga semakin banyak. Maka dari itu bila Anda memutuskan untuk mengambil pendidikan double degree karena sebelumnya salah memilih jurusan, sebaiknya simak tips di bawah ini supaya dapat membayar biaya perkuliahannya lebih mudah.

  1. Bila Anda ingin mengambil double degree karena salah pilih jurusan kuliah tapi terkendala dengan masalah biaya, solusinya adalah mencari beasiswa. Bantuan keuangan ini umumnya diberikan pemerintah untuk para mahasiswa berprestasi. Maka dari itu pastikan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk mendapatkan beasiswa supaya bebas biaya.
  2. Anda juga bisa mencari beasiswa dari perusahaan swasta tertentu.  Ketika perusahaan berhasil membangun usahanya, mereka biasanya akan memberikan beasiswa untuk mahasiswa supaya bisa semakin berkembang. Namun tentunya dibutuhkan proposal dan wawancara supaya perusahaan yakin Anda layak mendapatkan beasiswa dari mereka.

 

Macam-Macam Jurusan Kuliah Terpopuler 2020

Setelah mendapatkan solusi untuk membayar biaya perkuliahan saat memutuskan mengambil double degree karena salah memilih jurusan sebelumnya, maka saatnya memahami macam-macam program studi yang akan dipilih berikutnya. Di bawah ini adalah contoh jurusan

  1. Ilmu Kesehatan dan Psikologi merupakan salah satu jurusan terpopuler 2020 ini. Hal ini dikarenakan jumlah kepadatan populasi manusia semakin meningkat sehingga kebutuhan tenaga profesional di bidang kesehatan dan psikologi bertambah hingga 40%. Itu karena saat jumlah penduduknya banyak, otomatis permasalahan mental dan kesehatan juga meningkat.
  2. Jurusan Bisnis, Akuntansi, dan Matematika juga merupakan jurusan kuliah terpopuler 2020. Itu karena permintaan tenaga profesional keuangan dan akuntan meningkat sehingga diprediksi kebutuhannya semakin banyak di tahun mendatang. Maka dari itu 3 jurusan perkuliahan ini sangat populer karena dibutuhkan pada semua sektor bisnis dan keuangan.
  3. Jurusan kuliah Pendidikan Guru, Hukum, dan Teknik masih dibutuhkan saat ini. Mengingat masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan layak di sekolah, sehingga hal ini membuat permintaan tenaga profesional semakin meningkat. Begitu juga untuk jurusan hukum dan teknik karena sama-sama dibutuhkan di tahun 2020.
  4. Teknik Informasi juga bisa menjadi salah satu jurusan terpopuler 2020 karena permintaan analisis kebijakan data dan intelijen semakin meningkat selama 5 tahun ini. Bahkan diprediksi permintaan tenaga profesional ICT semakin meningkat hingga 25% di masa mendatang.
  5. Desain Komunikasi dan Media. Jurusan ini populer karena hampir setiap orang memiliki media sosial terlepas dari umur dan latar belakangnya. Sehingga hal ini membuat banyak industri mulai memanfaatkan media sosial. Itulah sebabnya tenaga ahli dari jurusan desain komunikasi dan media sangat dibutuhkan.

Sampai di sini sudah tahu bagaimana menemukan solusinya bila salah memilih jurusan, bukan? Memang terkadang memilih jurusan itu membingungkan. Padahal hal ini bisa memengaruhi masa depan Anda ketika meniti karir kelak. Itulah sebabnya pilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan passion supaya hasilnya lebih maksimal.

silahkan baca juga :

Guru penerima Dana BOS dan APBD provinsi SUL-SEL Tahun 2020

Surat dari Guru dan Siswa yang dibacakan oleh Menteri Nadiem Makarim

 

2 Replies to “Salah Masuk Memilih Jurusan Kuliah? Ini Solusinya!”

Comments are closed.