Kebutuhan Fisik Anak

1 min read

kebutuhan fisik anak

Eduegbank– Mengetahui akan kebutuhan fisik anak merupakan bagian yang penting dalam hal mendidik anak. Para pakar atau ahli di bidang pendidikan anak mengklasifikasi akan kebutuhan yang mendasar pada anak ke dalam 4 (empat) macam kebutuhan. Kebutuhan tersebut yakni kebutuhan fiisik, pendidikan, emosi, dan stimulasi. Dari keempat kebutuhan tersebut, admin mengkhususkan membahas tentang Kebutuhan Fisik anak.

Kebutuhan Fisik Anak

Kebutuhan fisik disebut dapat juga dikatakan sebagai kebutuhan asuh terhadap anak. Kebutuhan Fisik Anak terdiri dari: merawat kesehatan anak, pemberian nutrisi yang baik pada anak, pakaian, rumah, dan sanitasi lingkungan. Selain dari pada itu, di dalamnya juga termasuk kebutuhan akan olahraga, bermain, dan beristirahat. Anak perlu bermain dan melakukan kegiatan/aktivitas fisik lain nya dan juga tidur karena bisa merangsang hormon pertumbuhan pada diri anak. Tentunya  pertumbuhan otot maupun tulang, merangsang metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, serta merangsang nafsu makan juga pertumbuhan secara umum. Kebutuhan fisik anak khususnya yang berkaitan dengan Kesehatan pada anak adalah modal yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik seorang anak. Perawatan kesehatan, seperti pencegahan dan pengobatan penyakit. Imunisasi dan vaksinasi adalah bentuk pencegahan penyakit yang bisa memberi kekebalan pada anak. Meskipun  tidak berarti 100% anak terlindungi. Pencegahan penyakit juga dapat dilakukan dengan cara tidak melakukan kontak dengan penderita penyakit menular seperti tuberkolosis. Jika anak sakit, segeralah bawa ke dokter. Usahakan memeriksa kesehatan anak secara teratur. Hal itu berguna untuk mendeteksi secara dini jika terdapat penyakit dalam tubuhnya atau hal lain yang bisa menyebabkan gangguan terhadap tumbuh kembang anak sehingga dapat dicegah sedini mungkin.

Selain kebutuhan fisik anak tentang kesehatan, hal yang perlu diperhatikan yakni tentang sanitasi lingkungan. Sebaiknya orang tua juga tidak lalai memperhatikan sanitasi lingkungan tempat di mana anak tersebut berada. Tentunya orang tua harus meperrhatikan kebersihan makanan, minuman, pakaian, rumah, dan lainnya. Jangan lupa perhatikan pula sistem pencahayaan rumah dan ventilasi yang cukup, bebas polusi, dan tidak sesak. Faktor keamanan juga menjadi hal yang penting untuk diperha tikan dalam melihat kebutuhan fisik anak, misalnya konstruksi bangunan rumah jangan sampai membahayakan anak. Nutrisi yang baik sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Bahkan sudah harus dipenuhi sejak anak berada di dalam rahim. Air susu ibu merupakan nutrisi yang paling lengkap dan seimbang sampai bayi berusia 6 bulan. Ketika ia tumbuh dalam usia kanak-kanak, maka berilah makanan yang bergizi dengan menu yang seimbang. Berikan nutrisi dengan porsi yang tepat agar anak tumbuh dengan ideal. Jika anak kekurangan atau kelebihan nutrisi tertentu, maka hal itu bisa merugi kan si anak. Nutrisi yang buruk pada anak usia di bawah lima tahun akan mengganggu pertumbuhan serta per kembangan susunan saraf pusat yang dapat memenga ruhi perkembangannya. Selain kaya nutrisi, makanan yang dikonsumsi anak juga harus kaya energi sehingga bisa melancarkan aktivitas otot dan membangun jaringan baru di dalam tubuhnya. Kebutuhan nutrisi tiap anak berbeda. Pilihlah makanan bernutrisi yang tepat sesuai usia dan kebutuhannya. Misalnya, untuk anak yang obesitas sebaiknya membatasi diri dalam menkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Selain kebutuhan fisik anak di atas, kebutuhan akan pakaian perlu juga mendapat perhatian oleh orang tua. Orang tua sebaiknya memilih pakaian untuk anak yang nyaman dan sesuai baginya. Tentunya Jangan lupa mengajarkan anak bagaimana cara memakai pakaian yang bersih dan rapi.

baca juga :

Hakikat Mendidik Anak

 

One Reply to “Kebutuhan Fisik Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *