8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Menyenangkan

3 min read

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Menyenangkan

Eduegbank-8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Menyenangkan- Banyak orang ingin belajar bahasa inggris dengan cepat untuk beragam alasan dan tujuan. Misalnya saja seperti ingin terlihat keren, berbicara dengan turis mancanegara, berkeinginan untuk pergi ke luar negeri, menambahkan rasa percaya diri, meningkatkan skill di dunia kerja dan sebagainya.

Hanya saja kendala yang seringkali dikeluhkan adalah sulitnya menghafal dan mengucapkan beragam kosakata dalam bahasa inggris, mudah lupa, tak cukup banyak waktu untuk mempelajarinya dan beragam keluhan lainnya.

Apakah kamu mengalami permasalahan demikian dan sedang mencari metode terbaik untuk mempelajari bahasa inggris dengan cepat secara otodidak ? Di artikel ini, saya akan memberitahukan kepada kamu metode untuk mempelajarinya dengan cepat.

Cara belajar bahasa inggris untuk pemula secara otodidak

1. Mulailah dari hal yang sederhana

Di awal permulaan jika ingin belajar bahasa inggris dengan cepat, maka salah satu metode terbaiknya adalah awali dengan hal – hal yang sederhana. Misalnya saja, kamu dapat mempelajari terlebih dahulu kata panggilan, kata sapaan dan tanya.

Mulai dari kata. “saya”, “kamu”, “mereka”, “kami”, “kalian”, “tuan”, “nyonya”, “kakek”, “adik”, “paman”, “bibi”, “ibu”, “ayah” dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan kata tanya, “siapa”, “apa”. “bagaimana”, “dimana”, “kemana”, “ada apa” dan lainnya.

Jika sudah dikuasai, dilanjutkan kembali dengan penggabungan antara keduanya. Sebagai contoh, “dimanakah paman?”, “bagaimana kabar bibi?”, “adik sedang apa?”, “kemana ibu pergi?” dan sebagainya. Lakukan hal ini hingga kamu paham dan terbiasa.

Walaupun terbilang sederhana, tapi yakinlah bahwa hal tersebut akan sangat membantu.

2. Perhatikan apa saja yang ada di sekitar mu

Banyak orang tidak menyadari bahwa bejalar bahasa inggris di tahap awal tak harus menargetkan untuk menghafal belasan bahkan hingga puluhan kosakata perhari. Saya yakin jika itu dilakukan tidak memberikan hasil secara signifikan.

Salah satu metode terbaiknya yakni, perhatikan saja apa – apa yang ada di sekitar mu saat ini. Benar sekali, apa saja !.

Sebagai contoh, pada saat ini saya sedang menonton televisi sambil menggunakan smartphone dan membawa buku catatan kecil serta sebuah pena. Kemudian saya mencatat di buku tersebut benda atau barang apa saja yang saya lihat, mulai dari kipas angin, kursi, jendela, televisi, lampu, dinding, bingkai foto dan sebagainya.

Langkah selanjutnya, saya menerjemahkannya menggunakan kamus bahasa inggris. Kemudian, kosa kata itulah yang saya hafalkan secara berulang – ulang hingga saya tak membutuhkan lagi catatan kecil itu. Selanjutnya, beralih ke kosakata baru.

Sekarang, giliran kamu untuk mencobanya.

3. Menonton film berbahasa inggris

Ada pepatah mengatakan jika ingin menguasi bidang tertentu, maka pelajarilah mulai dari hal – hal yang membuatmu menyenangkan. Pepatah ini seperti cocok diterapkan jika kamu ingin belajar bahasa inggris secara otodidak.

Salah satu caranya, kamu dapat menonton film apa saja yang kamu suka dengan bahasa inggris. Tentu saja pada film tersebut terdapat subtitles berbahasa indonesia untuk memahami apa yang diucapkan oleh aktor pada film tersebut.

Nah, mulai sekarang jangan hanya menontonnya begitu saja. Akan tetapi, coba perhatikan apa yang diucapkan sambil mencocokkannya dengan subtitle yang ada. Tak lupa pula untuk mendengarkan cara mereka mengucapkannya. Jika perlu, tonton saja film tersebut secara berulang – ulang.

4. Mendengarkan lagu berbahasa inggris

Metode ini paling mudah dilakukan, karena hampir semua orang tentunya menyukai musik. Sekarang saya mau bertanya, apakah kamu memiliki bintang idola di dunia musik ? atau kamu pernah melihat orang lain mencover sebuah lagu berbahasa inggris dan menurutmu suaranya sangat baik didengar ?

Jika kamu memiliki penyanyi idola dalam bahasa inggris, coba carilah lagu yang kamu suka. Dengarkan lagu tersebut sambil membaca liriknya sembari menyanyikannya dan mencari terjemahannya. Jika telah fasih mengucapkan lirik sambil menyanyikannya, maka selanjutnya memahami lirik tersebut ke dalam bahasa indonesia.

5. Mencoba menulis kembali apa yang telah dipahami

Menulis apa saja yang telah kita pahami merupakan teknik terbaik untuk merekam dan mengingat banyak hal tentang apa saja yang telah kita pahami. Terutama dalam hal mempelajari bahasa inggris, metode ini tentunya sanga membantu.

Jika kamu telah melewati beberapa point di atas, tentunya saya menyakini ada banyak hal yang telah kamu pelajari dan mengingatnya dengan baik.

Sekarang, cobalah untuk menuliskan apa saja yang telah kamu pelajari selama ini. Sebagai contoh, kamu telah mengetahui kata kursi, meja, buku, bolpoin, jendela, kipas angin, dinding, bingkai foto dan sebagainya dalam bahasa inggris.

Sekarang tuliskan ke dalam bahasa inggris kata – kata tersebut. Kemudian cocokkan dengan catatan sebelumnya atau kamus. Sudah benarkah hasilnya ?

Jika sudah benar, itu bearti teknik belajar bahasa inggris yang kamu terapkan selama ini telah membuahkan hasil.

Secara tidak langsung, teknik ini juga akan memberikan kita keahlian dalam menulis dalam bahasa inggris.

6. Belajar bahasa inggris dari aplikasi android

Kemajuan teknologi seperti saat ini dapatlah kita manfaatkan. Jika kamu pengguna smartphone android, maka coba carilah aplikasi berbahasa inggris terbaik yang memiliki rating bintang terbanyak. Cukup menginstall satu aplikasi saja.

Dengan begitu, kamu dapat belajar bahasa inggris di mana saja dan kapan saja. Mempelajari kosa kata baru, percakapan dan sebagainya.

Hanya saja, tak perlu terburu – buru ingin cepat menguasai sebab hal itu tidak akan berhasil dan mudah lupa. Lakukan hal yang sederhana terlebih dahulu seperti beberapa point di atas itu jauh lebih baik.

7. Ajak teman berbicara menggunakan bahasa inggris

Jika kamu memiliki teman sekolah, kuliah, rekan kerja dan sebagainya yang memahami bahasa inggris dengan cukup baik, maka hal itu dapat kamu jadikan peluang untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi berbahasa inggris dengan baik.

Tak perlu melakukan percakapan yang terlalu rumit.

Misalnya, kamu dapat menanyakan kabar, menanyakan posisi saat ini sedang di mana dan sebagainya menggunakan bahasa inggris adalah hal mendasar yang dapat kamu coba terlebih dahulu. Lambat laun kamu akan terbiasa nantinya.

8. Praktek langsung di lapangan

Cara belajar bahasa inggris dengan cepat berikutnya masih ada kaitannya dengan point nomor 7 yakni dengan merasakan secara langsung berkomunikasi dengan orang luar, seperti turis mancanegara.

Jangan takut apalagi tidak percaya diri jika kamu tidak begitu lancar berbicara bahasa inggris. Paling tidak percakapan sederhana telah kamu kuasai.

Mulailah percakapan kepada turis mancanegara tersebut dengan kalimat perkenalan, bertanya tujuan mereka, meminta pendapat tentang indonesia dan sebagainya.

Saran saya, jika kamu ingin melakukan metode ke delapan ini, maka ajaklah seorang teman kamu yang memahami berbicara dengan baik. Anggap saja teman kamu akan memperbaiki suasana jika kamu terlalu gugup.

Diantara beberapa cara belajar bahasa inggris di atas, sebaiknya kamu lakukan semua. Namun, jangan terburu – buru untuk mempelajari sesuatu. Mulailah dari hal kecil dan sesederhana mungkin. Sehingga, dalam hal mempelajari bahasa inggris akan terasa sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

Selamat mencoba dan saya do’akan kamu berhasil…

baca juga :

7 Cara Membangun Karakter Siswa

8 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

One Reply to “8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Menyenangkan”

Comments are closed.